Merawat Bulu Anjing Shih Tzu


Shih Tzu adalah salah satu jenis anjing yang sangat banyak disukai oleh para pecinta anjing mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, seperti yang kita semua ketahui bulu anjing yang satu ini sangat memerlukan perhatian ekstra karena bulunya yang panjang dan lembut. 

Ini adalah beberapa tips merawat bulu anjing shihtzu yang bisa kalian lakukan di rumah: 

Menyisir bulu Shih Tzu:

1. Merawat bulu anjing Shih Tzu jauh lebih mudah disisir bila disemprot dengan air atau cairan khusus yang akan mengurangi kusut. Setelah bulu Shih Tzu lembab, sisir sampai bulu kering, lalu spray lagi bila diperlukan. Penyisiran ringan setiap harinya dan perawaatan penuh dalam setiap minggunya akan mencegah kusut.

2. Ketika menyisir, mulailah dari bagian dada, bagian bawah (perut) dan bagian dalam kaki. Terlentangkan anjing dan spray cairan khusus pada bulunya kemudian sisirlah dengan bristle brush.

3. Bagi bulu menjadi beberapa bagian dan sisirlah menurut bagian tersebut satu persatu. Setelah selesai menyisir pada bagian perut dan dada, gunakan slicker untuk merapikan bubu-bulu halus yang ada pada daerah kaki.

4. Balik anjing pada sisi belakang agar Anda dapat menyisir bagian siku paha dan badan. Spraykan lagi pada bulu-bulu dan sisirlah dari bagian paling dalam atau mendekati kulit. Setelah semuanya selesai, biarkan anjing anda untuk membalikan badannya atau terlentang.

5. Spraykan dan bagi bulu menjadi beberapa bagian dari ujung kepala sampai ujung ekor. Sisirlah bulu-bulu panjang yang paling luar lalu sisir dengan comb sampai halus lalu spray dan sisirlah sampai bagian ekor.

6. Langkah terakhir adalah menyisir dan memastikan bulu di sekitar mata, muka, kumis, jengot sudah halus menggunakan sisir bergigi rapat yang khusus untuk muka dan kumis.

Source: dari berbagai sumber

Previous
Next Post »