Tips Menaikkan Berat Badan Anjing Anda yang Kurus


 
Ada sebagian anjing yang meskipun tampaknya makan terus tetapi tidak pernah naik berat badannya. Jika Anda memiliki anjing yang kurus, Anda mungkin khawatir apakah ada masalah kesehatan yang membuatnya tidak bisa gemuk-gemuk. Tetapi jangan panik, Anda bisa membantu anjing Anda yang kurus untuk menaikkan berat badannya.

Menentukan berat badan yang sehat
Untuk menentukan apakah anjing Anda perlu untuk menaikkan berat badannya, coba lakukan tes sederhana dengan meraba/merasakan tulang rusuk anjing Anda. Pada anjing yang sehat, Anda harus bisa merasakan tulang rusuknya tepat dibawah kulit. Jika tulang rusuk anjing Anda terlihat menonjol, maka berarti anjing Anda benar-benar sangat kurus. Tugas Anda selanjutnya adalah menentukan berat badan yang diinginkan. Jika Anda tidak tahu kisaran berat badan yang sehat untuk jenis ras anjing Anda, konsultasikan dengan dokter hewan atau breeder. Dokter hewanjuga bisa menjalankan tes untuk memeriksa apakah anjing Anda mengalami kondisi medis yang membuatnya sulit untuk mendapatkan berat badan yang sehat.

foto

Jenis makanan
Jenis makanan yang Anda berikan kepada anjing Anda memiliki dampak yang signifikan terhadap kenaikan berat badannya. Dogfood berkualitas tinggi mengandung persentase bahan berkualitas yang lebih tinggi untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh anjing Anda. Dogfood dengan kualitas rendah mengandung banyak filler, yang menggunakan sebagian kalori dalam tubuh anjing sebagai bahan bakar untuk sistem pencernaan yang harus bekerja ekstra mencerna filler tsb. Dibandingkan dogfood basah, dogfood kering seringkali lebih dianjurkan untuk anjing yang ingin menambah berat badannya karena mengandung lebih banyak karbohidrat, yang bisa merangsang penambahan berat badan.

Jumlah makanan yang diberikan
Untuk menaikkan berat badan anjing, ia memerlukan lebih banyak kalori dibandingkan kalori yang biasa didapatkannya. Untuk menentukan berapa banyak jumlah makanan yang harus Anda berikan untuk membantu anjing Anda menambah berat badannya, bacalah petunjuk pada bungkusan dogfood Anda dan berikan lebih daripada jumlah yang direkomendasikan. Anda mungkin perlu sedikit bereksprimen untuk menemukan berapa jumlah yang diperlukan untuk diberikan kepada anjing Anda. Mulailah dengan menambah jatah makan anjing Anda sehari-hari sebesar 50 persen dan perhatikan timbangannya. Jika anjing Anda tetap tidak bertambah beratnya, tambahkan dua kali lipat dari jatah normalnya. Jika anjing Anda hanya bisa makan banyak pada satu waktu, cobalah dengan memberikan beberapa kali porsi kecil dalam sehari atau lengkapi dengan treat/cemilan yang sehat.

Tips tambahan
Sangat penting juga untuk memastikan anjing Anda mendapatkan sejumlah latihan yang sehat setiap hari. Latihan dengan jalan kaki selama 30 menit setiap hari akan membantu menjaga kesehatan fungsi jantung dan paru-paru. Jika anjing Anda tidak mendapatkan latihan yang cukup, ia mungkin akan mendapatkan berat badan yang tidak proporsional, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan baginya. Dengan memberi latihan bersamaan dengan peningkatan pola makannya, Anda juga dapat membantu anjing Anda membangun massa ototnya.

Anjing yang kondisinya kelaparan dan sangat kurus
foto

Jika Anda sedang merawat anjing yang kelaparan atau sangat kurus, misalnya anjing yang diselamatkan dari jalanan (rescue dog), Anda perlu melakukan prosedur yang sedikit berbeda. Jangan memberi makan anjing dalam jumlah banyak sekaligus, karena ini bisa membuatnya sakit. Lebih baik, mulai dengan memberi makan dengan jumlah kecil setiap 20 sampai 30 menit. Berikan makanan yang berkualitas tinggi yang memberikan kalori yang dibutuhkan anjing tanpa membebani sistem pencernaannya. Seiring kesehatannya meningkat, lanjutkan untuk terus memberinya porsi kecil makanan 3 sampai 4 kali sehari sampai ia mendapat berat tubuh yang sehat untuk jenisnya.

Previous
Next Post »