TAHUKAH KALIAN BAHWA MEMELIHARA ANJING DAPAT MENURUNKAN RISIKO ASMA PADA ANAK ?


Sebuah studi yang dilakukan di Swedia mengatakan risiko anak mengidap asma berkurang jika keluarganya memelihara anjing atau kuda poni. Peneliti Tove Fall dari Uppsala University, Swedia menyebut memelihara hewan bisa membuat anak terpapar mikroorganisme sejak bayi.


"Memiliki hewan peliharaan di rumah akan memberi banyak manfaat bagi keluarga. Pada anak, sistem imunnya akan semakin kuat karena terpapar mikroorganisme dan mencegah terserang asma," tutur Fall.

Penelitian Fall dilakukan kepada 276.000 anak usia sekolah, termasuk 22.000 anak yang memiliki anjing peliharaan dan 950 anak yang berinteraksi dengan hewan peternakan. Secara umum, kurang lebih 11.600 anak mengidap asma pada umur 7 tahun.


Hasil penelitian mengungkap memelihara anjing membuat risiko anak terserang asma turun hingga 13 persen. Sementara itu, interaksi dengan hewan peternakan seperti kuda poni membuat risiko anak terserang asma turun hingga 52 persen.


Fall mengaku belum menemukan penyebab pasti mengapa anak yang memiliki anjing peliharaan dan sering berinteraksi dengan hewan peternakan memiliki risiko asma yang rendah. Menurutnya, bisa jadi hal ini tidak disebabkan hanya oleh satu faktor.

Salah satunya adalah lingkungan yang tidak terlalu steril sehingga anak gampang terpapar kuman. Menjadi orang tua, memiliki anak, dan ditambah mengurus hewan peliharaan bukan hal mudah, dan akan sangat sulit menjaga rumah untuk tetap bersih dan steril.

"Mungkin saja kotoran itu bermanfaat bagi kesehatan anak Anda. Bisa jadi juga dengan memiliki hewan peliharaan, anak akan lebih banyak melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan anak," pungkasnya.


source: health.detik.com
Previous
Next Post »